Suci kodrat sejati
Nyawiji suci jumeneng sejati
Roso suci sejati alenggahan roh suci
Kuncup sejati mulyo sejati
Roso kumala handarbeni
Suci jroning sejati
Kawruh roso sejati
Pepager suci jumeneng sejati
Cahyo suci rohing sejati
Tumeko ning kencono suci
Netepi roso kang suci
Gugah prandito kasuwargan suci
Tumama ning roso pribadi
Nyembah dununge Gusti
Manah sarira roso sejati
Cahyo suci kang madangi
Poro suci nyambut sejati
Kerso suci jroning sejati
Tumeko ning papan kang suci
Mandap asor nyawiji sejati
Sembah sungkem roso suci sejati
Pinaring ijin jejere suci
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Suci kodrat sejati
Ngesteni suci jumeneng sejati
Pinaringan suci jumeneng suci Ingsun Sejati
Kanggo siro jejere suci
Nambahi roso kang suci
Jejere suci Ingsun sejati
Cahyo pribadi rasaning diri
Gumregah gondo kang suci
Tumindak suci pambudi luhur
Gegayuhan suci tinatah sejati
Alenggahan suci Ndonyo rubedo
Kalebu kodrat pinaring sejati
Kesebut cipto suci jalmo sejati
Manungso manunggaling roso
Roso suci sejati nyembah Gusti
Gusti suci pinaringan sejati
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Dununge suci ning roso pribadi nutupi
jroning sejati
Alenggahan roh suci sejati
Ngugah roso suci sejati
Suci kodrat sejati
Wujud suci roh sejati
Pinaringan Gusti
Nylimuti sabdo sejati Ingsun Suci Sejati
Ugo kuwoso suci Ingsun Suci Sejati
Nampani kodrat suci sejati
Wujud manungso tinampo suci
Jejere suci Ingsun Suci Sejati
Pinaringan napsu suci sejati
Kanggo cipto manungso sejati
Wujud godo Ndonyo rubedo
Kang alenggahi manungso suci
Tinampo lelakon kang dadi coban
Pinaringan urip lan panguripan
Mlebu kEsebut alam nyoto
Goleki kang dadi kodrat suci sejati
Kodrat suci sejati
Kang bakal nggowo luhur
Kang bakal nggowo jumeneng suci Ingsun
Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Cahyo suci panuntun sejati
Suci kodrat sejati
Jumeneng sejati roso suci sejati
Ngawe luhur roso pribadi
Kelebu sifat suci Ingsun Suci Sejati
Roso suci sejati
Kelebu pinaringan suci sejati
Kesebut cahyo suci sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Suci kodrat sejati
Pepadange cahyo suci sejati
Ngawe tentrem roso pribadi
Sareh lelampahi urip
Urip kang kesebut lelakon
Rahayu jroning sejati
Suci kodrat sejati
Jejere suci Ingsun Suci Sejati
Kelebu ijin suci jumeneng sejati
Pasowanan cahyo sejati
Patrap suci Ingsun Sejati
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Sejatine suci Ingsun Suci Sejati
Suci kodrat sejati
Nuntun urip suci sejati
Condro kaloka wadi pribadi
Jejere suci Ingsun Suci Sejati
Mageri kabeh godho rencono
Ngawe suci roso sejati
Sejatine urip Ingsun Suci Sejati
Suci kodrat sejati
Kesebut kodrat suci Ingsun Suci Sejati
Tinatah napsu godho lembono
Alenggahi Ndonyo rubedo
Kesebut inten ning jero Segoro
Ndonyo rubedo kang akeh warnane
Siji kasebut dalane Ingsun Suci Sejati
Kesebut suci soko kerso Ingsun ugo
Kesebut ngesti suci Ingsun Sejati lan
Kesebut pinaringan ijin suci Ingsun Suci
Sejati
Suci kodrat sejati
Suci jumeneng sejati
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Suci kodrat sejati
Kesebut kodrat suci ngesti sejati
Kesebut kodrat suci Ingsun Sejati
Kesebut kodrat suci ijin sejati
Kabeh kalebu pinaringan suci
Kabeh kalebu sabdo suci
Kabeh kalebu kuwoso suci
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Kesebut suci jroning sejati
Alenggahi cahyo suci sejati
Tumapak ning kasuwargan suci
Kesebut Alam Suci Sejati
Kabeh pinaringan suci Ingsun Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Sak kaliring cahyoningsun kang suci
kawengku dene dad Ingsun
Ateges
Roso sejati Ngawe rino panguripan kang
luhur ugo suci
Cahyo suci Ingsun Sejati
Mlebu ning roso suci pribadi
Kesebut cahyo dat suci Ingsun Sejati
Dununge suci roso suci pribadi
Pribadi sira ngesti suci Ingsun Sejati
Jejere suci roso suci pribadi
Ngasta dununge Alam ghoib
Kang dadi parane wadi
Dat Ingsun Suci Sejati
Ginaris suci jroning pribadi
Roso suci kang sejati
Sejatine roso kang anampani
Rohing dumadi cahyo sejati
Kawengku kasuwargan suci
Jroning sesami kang suci
Pambudi luhur kang angesteni
Roso suci pribadi kang nyekseni
Dununge suci Ingsun Sejati
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Hiyo Ingsun dadte suci kang tunggal
Ateges
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Kasebut
Ingsun Suci Sejati kang tunggal
Ateges
Tunggal jroning suci sejati
Tunggal jroning sejati
Tunggal cahyo suci sejati
Ingsun Suci Sejati jejere suci
Inti suci kasuwargan suci sejati
Dat suci jumeneng sejati
Cahyo suci agung jejere suci sejati
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Kesebut tunggal jroning suci
Kesebut suci jroning sejati
Cahyo suci sejati
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Kesebut ingkang moho suci
Kesebut ingkang moho tunggal
Jumeneng sejati Ingsun Suci Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Hiyo Ingsun dadte suci jumeneng sejati
Ateges
Kabeh kang kalebu pinaringan suci soko
kerso
Ingsun Suci Sejati kesebut suci jumeneng
sejati
Kabeh kang kalebu Ingsun Suci Sejati
Kesebut suci jumeneng sejati
Kabeh kang kalebu cipto suci Ingsun Suci
Sejati
Kesebut suci jumeneng sejati
Kabeh kang kalebu suci jumeneng sejati
Kesebut jumeneng suci Ingsun Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Suci jumeneng sejati
Sejatine jumeneng suci
Kesebut
Suci jumeneng sejati Ingsun Suci Sejati
Suci jumeneng sejati cahyo suci sejati
Suci jumeneng sejati sabdo suci sejati
Suci jumeneng sejati dayo suci sejati
Suci jumeneng sejati pangapura suci sejati
Suci jumeneng sejati ijin suci sejati
Suci jumeneng sejati pangestu suci sejati
Jumeneng suci Ingsun Sejati
Sejatine Ingsun Ingsun Sejati
Minggu, 08 Juli 2012
Kasampurnaning jiwo rogo sejati
Serat Sabdo Jati
RADEN Mas Ngabehi
Ronggowarsito. Demikian nama salah seorang
pujangga terkenal yang pernah menorehkan
jejak gemilang dalam kesusastraan Jawa di abad
19. Namanya senantiasa dikenang sebagai
pujangga besar yang karya-karyanya tetap abadi
hingga kini.
Dari tangan pujangga asal Keraton Surakarta ini
lahir berbagai karya sastra bermutu tinggi yang
sarat nilai kemanusiaan. Buku-bukunya antara
lain membahas falsafah, ilmu kebatinan,
primbon, kisah raja, sejarah, lakon wayang,
dongeng, syair, adat kesusilaan, dan sebagainya.
Namun sebagian masyarakat Jawa, terutama
rakyat jelata, sering mengidentikkan
Ronggowarsito dengan karangan-karangan yang
memadukan kesusastraan dengan ramalan yang
penuh harapan, perenungan dan perjuangan.
Dilahirkan pada 15 Maret 1802 dengan nama
asli Bagus Burham. Ayahnya seorang carik
Kadipaten Anom yang bernama Raden Mas
Pajangswara. Ibunya Raden Ayu Pajangswara
merupakan keturunan ke-9 Sultan Trenggono
dari Demak.
Bakat dan keahliannya dalam bidang
kesusastraan semakin terasah dengan
bimbingan kakeknya Raden Tumenggung
Sastronegoro. Semenjak kecil, ia dibekali ajaran
Islam dan pengetahuan yang bersandar pada
ajaran kejawen, Hindu, Budha, serta ilmu
kebatinan.
Karya-karya besarnya yang terkenal sampai saat
ini adalah Serat Kalatidha yang berisi gambaran
zaman penjajahan yang disebut “zaman edan”.
Ada kitab Jaka Lodhang yang berisi ramalan
akan datangnya zaman baik, serta Sabdatama
yang berisi ramalan tentang sifat zaman
makmur dan tingkah laku manusia yang
tamak.Menjelang akhir hayatnya, Ronggowarsito
menulis buku terakhir Sabdajati yang di
antaranya berisi ramalan waktu kematiannya
sendiri. Buku ini pun berisi ucapan perpisahan
dan permohonan pamit karena Ki Pujangga akan
segera meninggalkan dunia fana ini.
Pada 24 Desember 1873, pujangga besar dari
tanah Jawa itu meninggal dunia dengan
tenteram. Tempat peristirahatan terakhirnya
terletak di Palar, sebuah desa kecil di wilayah
Klaten-Jogjakarta.
Hawya pegat ngudiya Ronging budyayu
Margane suka basuki
Dimen luwar kang kinayun
Kalising panggawe sisip
Ingkang taberi prihatos
Jangan berhenti selalulah berusaha berbuat
kebajikan,
agar mendapat kegembiraan serta keselamatan
serta tercapai segala cita-cita,
terhindar dari perbuatan yang bukan-bukan,
caranya haruslah gemar prihatin.
Ulatna kang nganti bisane kepangguh
Galedehan kang sayekti
Talitinen awya kleru
Larasen sajroning ati
Tumanggap dimen tumanggon
Dalam hidup keprihatinan ini pandanglah
dengan seksama,
intropeksi, telitilah jangan sampai salah,
endapkan didalam hati, agar mudah
menanggapi sesuatu.
Pamanggone aneng pangesthi rahayu
Angayomi ing tyas wening
Eninging ati kang suwung
Nanging sejatining isi
Isine cipta sayektos
Dapatnya demikian kalau senantiasa
mendambakan kebaikan,
mengendapkan pikiran, dalam mawas diri
sehingga seolah-olah hati ini kosong namun
sebenarnya akan menemukan cipta yang sejati.
Lakonana klawan sabaraning kalbu
Lamun obah niniwasi
Kasusupan setan gundhul
Ambebidung nggawa kendhi
Isine rupiah kethon
Segalanya itu harus dijalankan dengan penuh
kesabaran.
Sebab jika bergeser (dari hidup yang penuh
kebajikan)
akan menderita kehancuran. Kemasukan setan
gundul,
yang menggoda membawa kendi berisi uang
banyak.
Lamun nganti korup mring panggawe dudu
Dadi panggonaning iblis
Mlebu mring alam pakewuh
Ewuh mring pananing ati
Temah wuru kabesturon
Bila terpengaruh akan perbuatan yang bukan-
bukan,
sudah jelas akan menjadi sarang iblis, senantiasa
mendapatkan kesulitas-kesulitan, kerepotan-
kerepotan, tidak dapat berbuat dengan itikad
hati yang baik,
seolah-olah mabuk kepayang.
Nora kengguh mring pamardi reh budyayu
Hayuning tyas sipat kuping
Kinepung panggawe rusuh
Lali pasihaning Gusti
Ginuntingan dening Hyang Manon
Bila sudah terlanjur demikian tidak tertarik
terhadap perbuatan yang menuju kepada
kebajikan. Segala yang baik-baik lari dari dirinya,
sebab sudah diliputi perbuatan dan pikiran yang
jelek.
Sudah melupakan Tuhannya. Ajaran-Nya sudah
musnah berkeping-keping.
Parandene kabeh kang samya andulu
Ulap kalilipen wedhi
Akeh ingkang padha sujut
Kinira yen Jabaranil
Kautus dening Hyang Manon
Namun demikian yang melihat, bagaikan
matanya kemasukan pasir, tidak dapat
membedakan yang baik dan yang jahat,
sehingga yang jahat disukai dianggap utusan
Tuhan.
Yeng kang uning marang sejatining dawuh
Kewuhan sajroning ati
Yen tiniru ora urus
Uripe kaesi-esi
Yen niruwa dadi asor
Namun bagi yang bijaksana, sebenarnya repot
didalam pikiran
melihat contoh-contoh tersebut. Bila diikuti
hidupnya akan
tercela akhirnya menjadi sengsara.
Nora ngandel marang gaibing Hyang Agung
Anggelar sakalir-kalir
Kalamun temen tinemu
Kabegjane anekani
Kamurahane Hyang Manon
Itu artinya tidak percaya kepada Tuhan, yang
menitahkan bumi dan langit, siapa yang
berusaha dengan setekun-tekunnya akan
mendapatkan kebahagiaan. Karena Tuhan itu
Maha Pemurah adanya.
Hanuhoni kabeh kang duwe panuwun
Yen temen-temen sayekti
Dewa aparing pitulung
Nora kurang sandhang bukti
Saciptanira kelakon
Segala permintaan umatNya akan selalu diberi,
bila dilakukan dengan setulus hati.
Tuhan akan selalu memberi pertolongan,
sandang pangan tercukupi segala cita-cita dan
kehendaknya tercapai.
Ki Pujangga nyambi paraweh pitutur
Saka pengunahing Widi
Ambuka warananipun
Aling-aling kang ngalingi
Angilang satemah katon
Sambil memberi petuah Ki Pujangga juga akan
membuka selubung yang termasuk rahasia
Tuhan, sehingga dapat diketahui.
Para jalma sajroning jaman pakewuh
Sudranira andadi
Rahurune saya ndarung
Keh tyas mirong murang margi
Kasekten wus nora katon
Manusia-manusia yang hidup didalam jaman
kerepotan,
cenderung meningkatnya perbuatan-perbuatan
tercela,
makin menjadi-jadi, banyak pikiran-pikiran yang
tidak berjalan
diatas riil kebenaran, keagungan jiwa sudah tidak
tampak.
Katuwane winawas dahat matrenyuh
Kenyaming sasmita sayekti
Sanityasa tyas malatkunt
Kongas welase kepati
Sulaking jaman prihatos
Lama kelamaan makin menimbulkan perasaan
prihatin, merasakan ramalan tersebut,
senantiasa merenung diri melihat jaman penuh
keprihatinan tersebut.
Waluyane benjang lamun ana wiku
Memuji ngesthi sawiji
Sabuk tebu lir majenum
Galibedan tudang tuding
Anacahken sakehing wong
Jaman yang repot itu akan selesai kelak bila
sudah mencapat tahun 1877
(Wiku=7, Memuji=7, Ngesthi=8, Sawiji=1. Itu
bertepatan dengan tahun Masehi 1945).
Ada orang yang berikat pinggang tebu
perbuatannya seperti orang gila, hilir mudik
menunjuk kian kemari, menghitung banyaknya
orang.
Iku lagi sirap jaman Kala Bendu
Kala Suba kang gumanti
Wong cilik bisa gumuyu
Nora kurang sandhang bukti
Sedyane kabeh kelakon
Disitulah baru selesai Jaman Kala Bendu. Diganti
dengan jaman Kala Suba.
Dimana diramalkan rakyat kecil bersuka ria,
tidak kekurangan sandang dan makan seluruh
kehendak dan cita-citanya tercapai.
Pandulune Ki Pujangga durung kemput
Mulur lir benang tinarik
Nanging kaseranging ngumur
Andungkap kasidan jati
Mulih mring jatining enggon
Sayang sekali “pengelihatan” Sang Pujangga
belum sampai selesai, bagaikan menarik benang
dari ikatannya.
Namun karena umur sudah tua sudah merasa
hampir
datang saatnya meninggalkan dunia yang fana
ini.
Amung kurang wolung ari kang kadulu
Tamating pati patitis
Wus katon neng lokil makpul
Angumpul ing madya ari
Amerengi Sri Budha Pon
Yang terlihat hanya kurang 8 hari lagi, sudah
sampai waktunya, kembali menghadap
Tuhannya. Tepatnya pada hari Rabu Pon.
Tanggal kaping lima antarane luhur
Selaning tahun Jimakir
Taluhu marjayeng janggur
Sengara winduning pati
Netepi ngumpul sak enggon
Tanggal 5 bulan Sela
(Dulkangidah) tahun Jimakir Wuku Tolu,
Windu Sengara (atau tanggal 24 Desember
1873)
kira-kira waktu Lohor, itulah saat yang
ditentukan
sang Pujangga kembali menghadap Tuhan.
Cinitra ri budha kaping wolulikur
Sawal ing tahun Jimakir
Candraning warsa pinetung
Sembah mekswa pejangga ji
Ki Pujangga pamit layoti
Karya ini ditulis dihari Rabu tanggal 28 Sawal
tahun Jim, akhir 1802.
(Sembah=2, Muswa=0, Pujangga=8, Ji=1)
bertepatan dengan tahun masehi 1873).
Semut ireng
Semut Ireng
Semut ireng, anak-anak sapi
Kebo bongkang nyabrang kali
bengawan
Keyong gondhang jarak
sungute
Timun wuku gotong wolu
Surabaya geger kepati
Ana wong ngoyak macan, den
wadhahi bumbung
Alun-alun Kartasura
Gajah meta cinancang wit
sidaguri
patine ceneker ayam
Ilang Jawane, memaknai
kehidupan didepan dan
belakang sejarak sejengkal
kakiku. Jika pun bisa beribu
tafsir. Macapat karangan
Sunan Kalijaga itu memiliki
makna dalam jika kita ‘mau
tahu’.
Semut Ireng, sebuah parodi
kehidupan dan tembang
bernada kegetiran.
Menuturkan keprihatinan akan
krisis eksistensi diri. Ada nada
sumbang serasa menusuk dan
menghujam, rasa pahit dari
seorang anak pertiwi. Ketika
makin samar jati diri, kabur
arti kearifan budaya lokal dan
semakin arogan budaya
seberang. Seolah norma itu
paling benar … sampai mereka
lupa menghormati (kita) tuan
rumah.
Ilang Jawane, falsafah yang
makin luntur .. bukan karena
diterpa ‘badai’. Tapi karena
kita terlena.
URIP IKU URUP
Hidup itu nyala jiwa. Hidup itu
hendaknya memberi manfaat
bagi orang lain di sekitar kita.
MEMAYU HAYUNING BAWANA,
AMBRASTA DUR HANGKARA
Harus dan wajib hukumnya
mengusahakan keselamatan,
kebahagiaan dan
kesejahteraan serta
memberantas sifat angkara
murka, serakah dan tamak.
SURA DIRA JAYA JAYANINGRAT,
LEBUR DENING PANGASTUTI
Segala sifat keras hati, picik,
angkara murka hanya bisa
dikalahkan dengan sikap bijak,
lembut hati dan sabar.
NGLURUK TANPA BALA,
MENANG TANPA NGASORAKE,
SEKTI TANPA AJI-AJI, SUGIH
TANPA BANDHA
Berjuang tanpa perlu
membawa massa, Menang
tanpa merendahkan/
mempermalukan. Berwibawa
tanpa mengandalkan
kekuasaan/kekuatan/
kekayaan/keturunan, Kaya
tanpa didasari hal-hal yg
bersifat materi.
DATAN SERIK LAMUN
KETAMAN, DATAN SUSAH
LAMUN KELANGAN
Jangan gampang sakit hati
manakala musibah/hasutan
menimpa diri. Jangan sedih
manakala kehilangan sesuatu.
AJA GUMUNAN, AJA GETUNAN,
AJA KAGETAN, AJA ALEMAN
Jangan mudah terheran-heran,
Jangan mudah menyesal,
Jangan mudah terkejut dgn
sesuatu, Jangan kolokan atau
manja.
AJA KETUNGKUL MARANG
KALUNGGUHAN, KADONYAN
LAN KEMAREMAN
Janganlah terobsesi atau
terpesona dengan kedudukan,
materi dan kepuasan duniawi.
AJA KUMINTER MUNDAK
KEBLINGER, AJA CIDRA
MUNDAK CILAKA
Jangan merasa paling pandai
agar tidak salah arah. Jangan
suka berbuat curang agar tidak
celaka.
AJA MILIK BARANG KANG
MELOK, AJA MANGRO
MUNDAK KENDHO
Jangan tergiur oleh hal2 yg
tampak mewah, cantik, indah.
Jangan berfikir gamang/plin-
plan agar tidak kendor niat
dan kendor semangat.
AJA ADIGANG, ADIGUNG,
ADIGUNA
Jangan sok kuasa, sok besar/
kaya, sok sakti.
AJA MELIK NGGENDONG LALI
Jangan menginginkan sesuatu
yang bukan haknya. Bisa
membuat lupa diri.
Mari kita jaga diri, agar tidak
hilang makna dan naluri yang
semestinya. Demi anak dan
buah hati kita kelak, agar
mereka bisa ‘sedikit’
menikmati makna bersahaja
yang sebenarnya dan
sebisanya.
Kurawa
~Kurawa 100
Adalah anak dari destrarasta kakak dari
pandudewanata memiliki mata buta dan
selalu dipengaruhi oleh istrinya dewi
gendari dan patihnya sangkuni yang licik
hal inilah penyebab permusuhan pandawa
dan kurawa.kurawa berjumlah 99laki-laki
dan 1 perempuan dalam pewayangan
jarang sekali disebutkan nama-nama
kurawa mungkin jarang ada orang yang
mengetahuinya apalagi hafaal. akan saya
beritahu nama-namanya ssstttt…………….
1. Suyudhana 21. Wala 41. Hastabahu
2. Suyutsuh 22. Satwa 42. Citrangga
3. Dursasana 23. Suyucaca 43.
Citrakundhala
4. Dusata 24. Citra 44. Bimawala
5. Dursala 25. Upacitra 45. Balaki
6. Jalasandha 26. Tjitraksa 46.
Balawardhana
7. Sama 27. Tjarucitra 47. Hubajudha
8. Sata 28. Caracana 48. Bima
9. Windha 29. Durmada 49. Kanakaya
10.Tanuwinda 30. Durwigata 50.
Dredayudha
11. Durnarsa 31. Wiwitsuh 51.
Dreddawarman
12.Suhbahu 32. Wikathadama 52.
Dredasatra
13.Duspradasana 33. Urdandha 53.
Somakerti
14. Durmarsana 34. Sunaba 54.
Dredhasandha
15. Durmuka 35. Dhandhaka 55. Senada
16.Duskarna 36. Durwicana 56.
Djarasandha
17. Karnaa 37. Durwacana 57.
Satyasandha
18.Kartawarma 38. Tjitrawana 58. Sadhas
19.Wiwingsatti 39. Titrawarman 59.
Sabasta
20.wikarna 40. Suwarman 60. Ugrasana
61. Ugrasewa 81. Ugra
62. Senadi 82. Bimantara
63. Dusparaja 83. Wirabahu
64. Aparajita 84. Balupa
65. Kundhahosajin 85. Tokaja
66. Wasalaksa 86. Rudrakarma
67. Duradara 87. Dredarada
68. Drestahasta 88. Banadresya
69. Subasta 89. Kundhakimin
70. Salawela 90. Warawi
71. Suwarcas 91. Dirgalancana
72. Adityaketu 92. Pramatta
73. Wahtacin 93. Prawatti
74. Naladhatta 94. Durgarama
75. Agrayayain 95. Dirgabahu
76. Kawacin 96. Durmagati
77. Krathana 97. Kodakraja
78. Kundha 98. Biraja
79. Kundhadara 99.Mahabahu
80. Danurdara 100.Dewi Dursilawati
Pandhawa dan kurawa berguru pada Durna
dan bisma.Tetapi keduanya tidak rukun
karena kurawa iri pada kehebatan pandawa
terlebih bima yang sangat ahli bermain
gada. Berbagai cara dilakukan kurawa
untuk menjatuhkan pandawa. Tetapi selalu
gagal. Melihat kejadin itu pandawa
mengalah dan pindah keberbagai daerah
dan mereka mendapat banyak
pengalaman. Setelah mereka dewasa
pandawa inin meminta Negara Astina tetapi
kurwa menolak nya mentah-mentah
akhirnya mereka berperang dengan nama
perang Baratayuda. Peperangan itu
dimenagkan pandawa semua kurawa mati
dan dari pihak pandawa yang gugur adalah:
Aryaseta, Gathotkaca, Abimanyu, Yayadrata
dll.
Cakil [makrifat]
Pada suatu hari yang cerah Sri Paduka Buto Cakil sedang berjalan jalan mencari
angin mengelilingi daerah kekuasannya di Republik Buto, seketika dia berhenti
disebuah pondok pesantren yg mempunyai ribuan santri, rupanya dia tahu itu
adalah pesantren beraliran cenderung radikal dan tidak kompromi dengan
budaya setempat, maka dia pun masuk langsung menemui pimpinan dari
pondok tersebut dengan kesaktiannya, seketika sang kyai pemimpin pondok itu
terkejut ketika tiba2 didepannya sudah berdiri makhluk berwujud manusia tapi
buruk rupa dan bermahkota, sang kyai pun tampak komat kamit membaca ayat2
suci dengan maksud untuk mengusir si makhluk itu, tapi sang paduka buto cakil
tampak tenang tenang saja dan memulai pembicaraan
Cakil : "sudahlah kyai percuma komat kamit utk mengusirku, karena aku tidak
bermaksud jahat"
kyai : "Hai siapa kamu? demit setan iblis keluar dari ruanganku!!"
cakil : "apa begitu sambutan seorang ahli agama terkemuka terhadap sesama
makhluk tuhan?"
kyai : "kamu ini siapa? mau apa kemari? disini adalah pesantren tempat yang suci
dan makhluk kafir sepertimu haram hukumnya datang kesini"
cakil : "perkenalkan aku adalah Cakil penguasa Republik Buto yang menjadi
cerminan dari republik tempat kamu berada, memang benar aku ini bukan
manusia sepertimu tapi aku juga sama2 makhluk Tuhan yg punya hak hidup
sedangkan maksud kedatanganku adalah untuk emnguji seberapa pintarnya
kamu karena kulihat santrimu sudah ribuan dan lulusannya banyak yg menjadi
orang2 sukses, jika kamu merasa kurang cukup pintar untuk beradu wawasan
denganku maka aku akan pergi dengan sukarela"
kyai : "kurang ajar, berani2nya kamu setan mengatakan aku kurang pandai
dibanding kepintaranmu, perlu kamu ketahui derajat manusia itu lebih mulia
dibanding makhluk2 rendah semacam kamu dan sejenisnya, maka hendaklah
kamu tobat dan mengikuti agamaku serta nyantri kepadaku supaya kamu
selamat masuk surga tidak dilaknat oleh Tuhan"
Cakil : "hehehehehehe, emangnya itu surga kepunyaan simbahmu kok berani
beraninya menvonis aku bakal masuk neraka kalo tidak masuk kedalam
agamamu, aku hidup memang sebagai buto bahkan raja dari para buto
sedangkan aku punya darma tersendiri yang aku jalani sebaik baiknya yaitu
menggoda manusia, sedangkan darma kamu sebagai manusia adalah berbuat
baik seperti halnya yg tercantum di kitab agamamu itu"
kyai : "lha memang benar to kalau setan dan sejenisnya ya termasuk kamu itu
bakalan masuk neraka karena dilaknat Tuhan, sedangkan golongan yg selamat
sampai surga adalah yg menganut agamaku titik, tidak ada keraguanku atas itu
semua, maka bertobatlah kamu dan ikutilah aku sebelum terlambat"
cakil : "sudah kubilang emangnya itu surganya simbahmu, kamu ini suka bikin
lelucon aja, itukan katanya kitabmu yang ditafsirkan macam2 oleh pemuka2
agamamu dan juga kamu sendiri, apa kau pikir dengan mengutip ayat2 dari kitab
sucimu maka sudah bisa dikatakan ahli agama? kalau menurutku masih jauuuh,
bahkan aku buto yang kafir ini lebih mengerti agama dibanding kamu ini"
kyai : "heemmm baiklah kalo kamu tidak mau bertobat, kalo begitu kamu tanya
apa saja tentang agama maka apabila tuhan mengizinkan aku bisa menjawab
semoga bisa menjadi bahan renungan buatmu utk segera bertobat"
Cakil : "baiklah pak kyai yang terhormat, kalo boleh saya yang kafir ini bertanya,
bagaimana caranya dzikir yg bermakrifat dan tingkatannya?"
kyai : "haha itu pertanyaan gampang, baiklah aku jawab, dzikir itu adalah
mengingat Tuhan dan hanya ada dua tingkatan yaitu dzikir terucap dan dzikir
tersembunyi atau sirri, dzikir yg zahir atau terucap itu ya menyebut asma Tuhan
atau bacaan yg diajarkan oleh rasulku dengan jumlah tertentu tanpa dikurangi
atau ditambahi, apabila dikurangi atau ditambahi atau juga bukan yg nabi
ajarkan maka itu termasuk bid'ah dan sesat, dan yg dimaksud dzikir sirri adalah
dzikir halus dimana kita mengingat Tuhan dimanapun dan dalam kondisi apapun,
sedangkan hubungannya dengan makrifat adalah pemahaman kita yg arif
menyikapi tuntunan nabi tersebut, sebaik baik pemahaman adalah pemahaman
salafus soleh atau orang2 terdahulu yg dekat dengan nabi, sedangkan umat
sekarang bukan salafus soleh maka harus mengikuti salafus soleh supaya menjadi
makrifat atau arif"
cakil : "heemmm.......jawabanmu memang cerdas tapi masih terpasung oleh
ruang waktu di masa lampau, kamu lupa bahwasanya kamu hdiup dijaman
sekarang yg sudah modern, sedangkan orang2 salaf yg kamu idolakan itu sudah
mati"
kyai : "aku hanya berpatok pada dalil yg mengatakan diantara 73 golongan hanya
ada satu yg selamat yaitu golongan ahlusunnah waljamaah tidak dengan yg
lainnya termasuk yg setia dengan budaya2 setempat yg bid'ah itu, golongan
ahlus sunah itu ya yg mengikuti manhaj salafus soleh, sedangkan sebaik baik
golongan ya mereka itu, titik, maka sudah pasti mereka itu makrifat"
cakil : "yaa itu sih terserah kamu kalau mau terkurung dimasa lalu, kamu sebagai
pemuka agama seharusnya bisa melihat kedepan tidak hanya berpatokan pada
masa lalu, salah satu ciri makrifat adalah lebih dari sekedar berkaca pada masa
lalu atau melihat di masa depan yaitu dengan menyimpulkan awal akhir
kehidupan, sangkan paraning dumadi, dumadining sangkan paran"
kyai : "hahahah mana dalilnya, ngaco kamu istilah2 kejawen itu tidak ada
didalam kitab suciku, itu bid'ah namanya"
cakil : "aku hanya berpedoman pada kitab teles yaitu yg merasuk kedalam semua
kitab garing dan semua ciptaanNya, sedangkan apa yg kamu kutip dan baca itu
hanya salah satu kitab garing yg kamu pahami ikut2an orang2 sebelum kamu,
mosok beragama kok cuman ikut2an kayak ikut parpol buto aja"
kyai : "huuusss berani beraninya kamu melecehkan kitab suci dan agamaku,
dasar buto kafir!! sudah sekarang aku mau tahu apa jawaban atas pertanyaanmu
sendiri tentang dzikir bermakrifat itu"
cakil : "begini ya pak kyai, sebelum masuk ke makrifat maka akan aku jelaskan
dulu tingkatan dzikir dibawahnya yang pertama adalah dzikir secara syar'i dulu
yaitu menyebut asma tuhan dengan jumlah tertentu sesuai tuntunan nabimu,
atau juga dengan jumlah tertentu yg tidak dicontohkan nabimu juga tidak apa2
asal niatnya baik"
kyai : "terusss??"
cakil : "lalu yg kedua adalah dzikir tarekat, yaitu menyebut asma tuhan sebanyak
banyaknya tanpa hitungan hingga menjadikan jiwa2 manusia yg berdzikir itu
tenang dan damai, lalu yang ketiga adalah dzikir hakekat yaitu mengambil
hikmah dari segala ciptaanNya, didalam segala ciptaaNya termasuk aku yg jelek
ini terbersit asma2Nya, lihat dan rasakan itu maka kamu telah berdzikir secara
hakekat, apabila kamu hanya berpatokan pada jumlah saja, maka kamu hanya
bisa bersyariat saja tapi masih jauh dari yg dinamakan makrifat"
kyai : "terserah apa katamu, yg penting aku hanya menjalankan tuntunan nabiku
tanpa merubah sedikitpun dari beliau, apabila diperdengarkan ayat2 tuhanku
maka tunduk dan takluklah, kalau tidak mau tunduk dan takluk ya bakalan masuk
neraka, o iya kamu belum menjawab pertanyaanmu sendiri tentang dzikir
bermakrifat itu"
cakil : "huahahahah itulah bedanya manusia kebanyakan dan buto sepertiku,
kamu sebagai wakil dari kebanyakan manusia hanya beragama karena ikut2an
lebih2 takut ancaman masuk neraka, maka yg kamu bisa adalah mengutip ayat
secara tersurat tapi sedikit tahu yg tersirat, itu disebabkan pemahaman kamu
tentang agama hanya bisa tunduk takluk dan terkurung masa lalu, ini lain dengan
agamaku sebagai buto, aku belajar tentang kejahatan dari mbah iblis dan belajar
kebaikan dari para orang2 suci termasuk nabimu itu, aku bisa melihat di
kegelapan malam dan terangnya siang, maka dengan mudahnya aku menggoda
manusia yg hanya belajar di kegelapan saja atau terang benderang saja, aku
belajar tanpa rasa takut terhadap ancaman apapun termasuk nerakanya
simbahmu itu, maka dari itu aku bisa menerangkan sedikit tentang makrifat
kepadamu, apabila kamu masih terkurung pada kitab dan agamamu maka
mustahil kamu bisa bermakrifat dan mengalahkankan godaanku itu"
kyai : "yah kamu boleh sombong tidak takut neraka, tapi kelak diakhirat kamu
akan tahu akibatnya"
cakil : "huahahahahah kamu ini kyai yg lucu, jelaslah aku ini sejenis buto tentu
saja sombong dan jahat serta kafir pula, tapi aku sombong dan jahat itu
dimaksudkan supaya kamu tidak mengikutiku dan menjadi orang yg rendah hati
yg bersyukur, tentu saja aku tidak takut neraka wong hakekat neraka bagi ahli
makrifat itu tidak ada, orang yg makrifat yakin betul rahman dan rahimNya itu
tanpa batas maka neraka itu tidak ada, yang ada adalah surga tanpa batas"
kyai : "huuusss berani2nya bilang neraka tidak ada, bagaimana dengan nama2
neraka di kitab suciku seperti jahanam, jahiim, huthomah, saqar, wail dsb itu?
apa kamu pikir itu isapan jempol belaka?"
cakil : "huahahahahahah bolehkah aku ketawa sombong
dulu.....huahahahahaha....kamu ini seperti anak kecil aja yg ketakutan ditakut
takuti kalo suka rewel, ya seperti itulah keimanan kamu itu, asal kamu tahu aja,
manusia masuk neraka itu karena kesalahannya sendiri, sejak didunia manusia
sudah menciptakan nerakanya sendiri seperti memelihara nafsu amarah, suka
merugikan orang lain, pendendam, serakah dsb, kamu pikir enak yah hidup
sebagai pemarah yg benci terhadap orang2 yg kamu cap kafir itu? itulah
nerakamu yaitu sifat pembencimu itu, coba kalau dibikin enak dan santai maka
kamu akan bisa mengambil hikmah dan manfaat dari orang2 yg kamu anggap
kafir itu, maka inilah ciri orang yg bermakrifat"
kyai : "lha kan di kitabku tertulis bahwa tuhan membenci orang2 yg kafir dan
juga murka kepada mereka"
cakil : "huahahahahaha..........boooss kyai, ente dapat pemahaman dari mana
kalau tuhan membenci ciptaanNya? kamu pikir Tuhan menciptakan orang2 yg
kamu anggap kafir untuk Dia benci? yg menjadi kata kitab sucimu yg mengatakan
tuhan benci itukan bermaksud membahasakan bahasa tuhan ke bahasa manusia
yg dimaksud adalah kalau berbuat jahat maka akan jauh dari sifat2
ketuhanan,lagian kalo tuhan bener2 benci sekarang pun sudah memasukkan
setan dan kawan2 kedalam neraka paling dalam, tapi nyatanya kami masih
enjoy2 aja tuh, masih bisa makan minum dan menggoda manusia dengan enak,
baik dan jahat itu semua ciptaan tuhan dan punya fungsi masing2 yg menjadi
bagian alam semesta ini, maka berpikir dan pahamilah alam semesta ini secara
menyeluruh menjadi satu kesatuan kesetimbangan dan gotong royong yg luar
biasa, tidak sepotong sepotong atau bersikap anti, maka pemahaman yg
menyeluruh lintas ruang waktu baik jahat adalah ciri dari bermakrifat"
kyai : "terserah apa katamu itu, kamu ini setan dan kamu ini pembohong besar,
aku tidak akan pernah mengikutimu"
cakil : "hihihihi........aku ini memang buto yg suka menggoda manusia utk
berbuat jahat dan aku memang setan, aku memang pembohong dan benar
bahwasanya aku memang tidak patut untuk dicontoh, tapi aku jujur mengakui
kalo aku ini jahat dan kafir, bandingkan dengan manusia yg mengaku alim taat
beragama tapi perilaku dibelakangnya jahat melebihi setan, aku berbuat jahat
karena panggilan darma sebagai penguji manusia, sedangkan manusia yg
kesetanan berbuat jahat karena demi menuruti hawa nafsunya sendiri, mana yg
kelihatannya enak dan menguntungkan maka itulah yg dituruti tidak peduli akan
merugikan pihak lain, kamu pikir mana yg lebih jahat antara setan yg ngaku jahat
tapi jahat dengan manusia yg katanya mulia yg mengaku baik, alim taat
beragama tapi dibelakangnya sangat jahat bahkan melebihi setan?"
kyai : "yayayayaya....aku ngaku kalah, emmag selama ini aku hanya berpedoman
pada kitab suciku semata secara tersurat, kamu ini memang setan yg
berpengetahuan luas, bahkan aku malu mengakui diriku harus belajar lagi"
cakil : "huahahahah kamu emang berani mengakui kalo kamu barusan kalah
berdebat dengan buto jelek dan kafir ini dihadapan santri2mu yg ribuan itu?
kamu emang paling jago kalo ngaku benar, tapi penakut kalo ngaku salah
dihadapan orang2 yg berseberangan denganmu, apa ini yg dicontohkan oleh
nabimu itu? padahal juga salah satu ciri bermakrifat adalah mengakui kesalahan
sendiri dan membenarkan pendapat orang lain dalam arti lebih melihat kedalam
diri utk melihat hikmah diluar diri kita atau mulat sarira"
kyai : "iya mbah cakil saya memang khilaf, bolehkah saya belajar ilmu makrifat
dari mbah cakil ini?"
cakil : "huahahahah karena kamu sudah mengaku salah, maka aku akan
menjelaskan apa makna dari dzikir bermakrifat itu, aku hanya bisa
mengumpamakan apabila berdzikir secara hakekat itu ibarat mengambil manfaat
dari terangnya sinar lentera, maka bermakrifat itu ibarat menjadi lenteranya yg
menjadi sumber cahaya dari kehidupannya sendiri serta bagi orang lain, kalau
memakai bahasa kejawen adalah jumeneng kalawan pribadi, kalau bahasa
arabnya adalah qiyamuhu binafsihi, terserah kamu suka istilah yg mana bebas
saja"
kyai : "lalu apa yg harus saya lakukan untuk bisa menjadi lentera bagi diri saya
sendiri dan orang lain mbah buto?"
cakil : "huahahahahahahah berat sekali cah bagus, kamu harus melepas
surbanmu yg segede ban vespa itu lalu kamu cukur gundul rambut serta jenggot
panjangmu itu, kamu juga harus melepas semua pakaianmu hingga telanjang
bulat lalu mandilah di mata air kehidupanmu sendiri untuk membersihkan segala
ego yg mengotori dirimu yg disebabkan oleh pakaian, surban serta gelarmu itu,
percayalah bahwa pakaian jubah, surban, gelar dan jenggotmu itu hanya menjadi
kotoran bagi hatimu karena menjadikannya sebagai aksesoris belaka supaya
dianggap alim dan taat beragama"
kyai : "baiklah akan saya lakukan itu sebisa saya, lalu kalo boleh saya tahu apa
makna makrifat yg sebenarnya mbah buto?"
cakil : "huahahahah aku hanya tahu sedikit cah bagus, maka yg bertanya
barangkali lebih makrifat dari yg ditanya"
Pujine Wijining Manungsa
Pujine Wijining Manusa
1. Wadi iku rupane abang, kadadiyane getih-kita, pujine ” Layakrifu ilallaah “
2. Madi iku rupane kuning, kadadiyane banyu-kita, pujine ” Lamakbuda ilallaah “
3. Mani iku rupane ijo, kadadiyane penguwasa-kita, pujine ” Lamujuda ilallaah “
4. Manikem iku rupane putih, kadadiyane cahya-kita, pujine ” Layatkuru ilallaah “
Pujine Nafsu
Pujine Napsu Patang Prakara
1. Lawwammah, iku af’aling urip, rupane ireng, plawangane cangkem, dununge
ing waduk, pujine ; ” Ya Hu…Ya Hu “, iku sapurnaning cipta lan ripta.
2. Amarah , iku asmaning urip rupane kuning, plawangane ing kuping, dununge
ing jantung, pujine ; ” Ilah…Ilah “, iku sampurnaning sir lan angen-angen.
3. Supiyah , iku sifating urip rupane ijo, plawangane ing irung, dununge ing
amperu, pujine ; ” Imanahu …Imanahu “, iku sampurnaning osik lan meneng.
4. Muthmainah , iku Dzating urip, rupane putih, plawangane ing mata, dununge
ing pepusuh, pujine ; ” Hu…Hu…Hu “, iku sampurnaning budi lan rasa.
Pujine Nafas
Pujine Nafas Patang Prakara
1. Napas , iku tetalining urip, iya tetalining ruh, rupane ireng, plawangane
Af’alullah, dununge ing lesan, pujine ; ” Laa ilaha ilallaah “, iku sampurnaning kulit
daging.
2. Tanapas , iku pamiyarsaning ruh, rupane kuning, plawangane Asma’ullah,
dununge ing kuping, pujine ; ” Allahu… Allahu “, iku sampurnaning balung lan
otot.
3. Anpas , iku panggonaning ruh, rupane ijo, plawangane Sifatullah, dununge ing
gigir, pujine ; ” Allah…Allah “, iya iku sampurnaning geting lan sumsum.
4. Nupus , iku paningaling ruh, rupane putih, plawangane Dzatullah, dununge ing
netra, pujine ; ” Ya Hu…Ya Hu “, iku sampurnaning pangawasa lan napsu.
Pujine Ati
Pujine Ati Patang Prakara
1. Ati Sanubari , iku wisesaning rasa, rupane ireng, plawangane kaharullah,
dununge alam sulpil, pujine ; ” Allahu…Allahu “, iku sampurnaning pangucap.
2. Ati Maknawi , iku purbaning rasa, rupane kuning, plawangane kamahullah,
dununge alam sulbi, pujine ; ” Allah…Allah “, iku sampurnaning pamiyarsa.
3. Ati Siri , iku sampurnaning rasa, rupane ijo, plawangane jalahullah, dununge
alam topek, pujine ; ” Hu…Hu…Hu “, iku sampurnaning pangambu.
4. Ati Pu-at , iku sirnaning rasa, rupane putih, plawangane jamalullah, dununge
alam sabit, pujine ; ” Annalkaka … annalkaka “, iku sampurnaning paningal.
Pujine Anasiring Manungso
Pujine Anasiring Manusa
1. Asal Bumi , rupane ireng, kadadiyane wujud- kita hakikate Dzatira, iku dadining
kulit daging, pujine…” Waashadu anna Muhammadarasulullaah “
2. Asal Geni , rupane kuning, kadadiyane nur-kitasifatira iku, dadine otot, balung,
pujine…” Ashadualla ilaha illallaah “
3. Asal Angin , rupane ijo, kadadiyane ilmu-kita af’al iku, dadining panguwasa,
pujine…” Lasariikalaahu lailaha illallaah ”
4. Asal Banyu , rupane putih, kadadiyane suhud-kita, hakekate asmanira,
iku dadining getih lan sumsum, pujine…” Sahitna ‘ala anpusina wa sbit ‘indana
innahu lailahaillahuwa ”
Nasehat Carakan Jawa
Huruf atau carakan Jawa yakni ha na ca ra ka dan seterusnya merupakan sabda pangandikanipun) dari Tuhan YME di tanah Jawa.
A. Pembukaan Huruf Jawa
1. Huruf Ha Berarti ‘hidup’, atau huruf berarti juga ada hidup, sebab memang hidup itu ada, karena ada yang menghidupi atau yang memberi hidup, hidup itu adalah sendirian dalam arti abadi atau langgeng tidak terkena kematian dalam menghadapi segala keadaan. Hidup tersebut terdiri atas 4 unsur yaitu: a. Api b. Angin c. Bumi d. Air
2. Huruf Na Berari ‘nur’ atau cahaya, yakni cahaya dari Tuhan YME dan terletak pada sifat manusia.
3. Huruf Ca Berarti ‘cahaya’, artinya cahaya di sini memang sama dengan cahaya yang telah disebutkan di atas. Yakni salah satu sifat Tuhan yang ada pada manusia. Kita telah mengetahui pula akan sifat Tuhan dan sifat-sifat tersebut ada pada yang dilimpahkan Tuhan kepada manusia karena memang Tuhan pun menghendaki agar manusia itu mempunyai sifat baik.
4. Huruf Ra Berarti ‘roh’, yaitu roh Tuhan yang ada pada diri manusia.
5. Huruf Ka Berarti ‘berkumpul’, yakni berkumpulnya Tuhan YMEyang juga terletak pada sifat manusia.
6. Huruf Da Berarti ‘zat’, ialah zatnya Tuhan YME yang terletak pada sifat manusia.
7. Huruf Ta Berarti ‘tes’ atau tetes, yaitu tetes Tuhan YME yang berada pada manusia.
8. Huruf Sa Berarti ‘satu’. Dalam hal ini huruf sa tersebut telah nyata menunjukkan bahwa Tuhan YME yaitu satu, jadi tidak ada yang dapat menyamai Tuhan.
9. Huruf Wa Berarti ‘wujud’ atau bentuk, dalam arti ini menyatakan bahwa wujud atau bentuk Tuhan itu ada dalam manusia yang setelah bertapa kurang lebih 9 bulan dalam gua garba ibu lalu dilahirkan dalam wujud diri.
10. Huruf La Berarti ‘langgeng’ atau ‘abadi’, la yang mengandung arti langgeng ini juga nyata menunjukkan bahwa hanya Tuhan YME sendirian yang langgeng di dunia ini, berarti abadi pula untuk selama-lamanya.
11. Huruf Pa Berarti ‘papan’ atau ‘tempat’, yaitu papan Tuhan YME-lah yang memenuhi alam jagad raya ini, jagad gede juga jagad kecil (manusia).
12. Huruf Dha Berarti dhawuh, yiatu perintah-perintah Tuhan YME inilah yang terletak dalam diri dan besarnya Adam, manusia yang utama.
13. Huruf Ja Berarti ‘jasad’ atau ‘badan’. Jasad Tuhan YME itu terletak pada sifat manusia yang utama.
14. Huruf Ya Berarti ‘dawuh’. Dawuh di sini mempunyai lain arti dengan dhawuh di atas, karena dawuh berarti selalu menyaksikan kehendak manusia baik yang berbuat jelek maupun yang bertindak baik yang selalu menggunakan katakatanya “Ya”.
15. Huruf Nya Berarti ‘pasrah’ atau ‘menyerahkan’. Jelasnya Tuhan YME dengan ikhlas menyerahkan semua yang telah tersedia di dunia ini.
16. Huruf Ma Berarti ‘marga’ atau ‘jalan’. Tuhan YME telah memberikan jalan kepada manusia yang berbuat jelek dan baik.
17. Huruf Ga Berarti ‘gaib’, gaib dari Tuhan YME inilah yang terletak pada sifat manusia.
18. Huruf Ba Berarti ‘babar’, yaitu kabarnya manusia dari gaibnya Tuhan YME.
19. Huruf Tha Berarti ‘thukul’ atau ‘tumbuh’. Tumbuh atau adanya gaib adalah dari kehendak Tuhna YME. Dapat pula dikatakan gaib adalah jalan jauh tanpa batas, dekat tetapi tidak dapat disentuh, seperti halnya cahaya terang tetapi tidak dapat diraba atau pun disentuh, dan harus diakui bahwa besarnya gaib itu adalah seperti debu atau terpandang. Demikianlah gaibnya Tuhan YME itu (micro binubut).
20. Huruf Nga Berarti ‘ngalam’, ‘yang bersinar terang’, atau terang/gaib Tuhan YME yang mengadakan sinar terang.
Demikianlah huruf Jawa yang 20 itu dan ternyata dapat digunakan sebagai lambang dan dapat diartikan sesuai dengan sifat Tuhan sendiri, karena memang seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa Jawa yang menggunakan huruf Jawa itupun merupakan sabda dari Tuhan YME. Huruf atau carakan Jawa yakni ha na ca ra ka dan seterusnya merupakan sabda pangandikanipun) dari Tuhan YME di tanah Jawa.
B. Penyatuan Huruf atau Aksara Jawa 20
1. Huruf Ha + Nga Hanga berarti angan-angan. Dimaksudkan dengan angan-angan ini ialah panca indra yaitu lima indra, seperti:
1]>. Angan-angan yang terletak di ubun-ubun (kepala) yang menyimpan otak untuk memikir akan keseluruhan keadaan.
2]>. Angan-angan mata yang digunakan untuk melihat segala keadaan.
3]>. Angan-angan telinga yang dipakai untuk mendengar keseluruhan keadaan.
4]>. Angan-angan hidung untuk mencium/membau seluruh keadaan.
5]>. Angan-angan mulut yang digunakan untuk merasakan dan mengunyah makanan.
2. Huruf Na + Ta Noto, berarti ‘nutuk’
. 3. Huruf Ca + Ba Caba, berarti coblong (lobang) dan kata tersebut di atas berarti wadah atau tampat yang dimilki oleh lelaki atau wanita saat menjalin rasa menjadi satu; adanya perkataan kun berarti pernyataan yang dikeluarkan oleh pria dan wanita dalam bentuk kata ya dan ayo dan kedua kata tersebut mempunyai persamaan arti dan kehendak yaitu mau.
4. Huruf Ra + Ga Raga, berarti ‘badan awak/diri’. Kata raga atau ragangan merupakan juga kerangka dan kehendak pria dan wanita ketika menjalin rasa menjadi satu karena bersama-sama menghendaki untuk menciptakan raga atau diri agar supaya dapat terlaksana untuk mendapatkan anak.
5. Huruf Ka + Ma Kama, berarti ‘komo’ atau biji, bibit, benih. Setiap manusia baik laki-laki atau wanita pastilah mengandung benih untuk kelangsungan hidup; oleh karena itu di dalam kata raga seperti terurai di atas merupakan kehendak pria dan wanita untuk menjalin rasa menjadi satu. Karena itulah maka kata raga telah menunjukkan adanya kedua benih yang akan disatukan dengan melewati raga, dan dengan penyatuan kama dari kedua belah pihak itu maka kelangsungan hidup akan dapat tercapai
6. Huruf Da + Nya Danya atau donya atau dunia. Persatuan kedua benih atau kama tadi mengakibatkan kelahiran, dan kelahiran ini merupakan calon keturunan di dunia atau (alam) donya; dengan demikian dapat dipahami kalau atas kehendak Tuhan YME maka diturunkanlah ke alam dunia ini benih-benih manusia dari Kahyangan dengan melewati penyatuan rasa kedua jenis manusia.
7. Huruf Ta + Ya Taya atau toya, yaitu ari atau banyu. Kelahiran manusia (jabang bayi) diawali dengan keluarnya air (kawah) pun pula kelahiran bayi tersebut juga dijemput dengan air (untuk membersihkan, memandikan dsb); karena itulah air tersebut berumur lebih tua dari dirinya sendiri disebut juga mutmainah atau sukma yang sedang mengembara dan mempunyai watak suci dan adil.
8. Huruf Sa + Ja Saja atau siji atau satu. Pada umumnya kelahiran manusia (bayi) itu hanya satu, andaikata jadi kelahiran kembar maka itulah kehendak Tuhan YME. Dan kelahiran satu tersebut menunjukkan adanya kata saja atau siji atau satu.
9. Huruf Wa + Da Wada atau wadah atau tempat. Berbicara tentang wadah atau tempat, sudah seharusnya membicarakan tentang isi pula, karena kedua hal tersebut tidak dapat dipisah-pisahkan. Dengan demikian timbul pertanyaan mengenai wadah dan isi, siapakah yang ada terlebih dahulu. Pada umumnya dikatakan kalau wadah harus diadakan terlebih dahulu, baru kemudian isi, sebenarnya hal ini adalah kurang benar. Yang diciptakan terlebih dahulu adalah isi, dan karena isi tersebut membutuhkan tempat penyimpanan, maka diciptakan pula wadahnya. Jangan sampai menimbulkan kalimat “Wadah mencari isi” akan tetapi haruslah “Isi mencari wadah” karena memang ‘isi’ diciptakan terlebih dahulu. Sebagai contoh dapat diambilkan di sini: rumah, sebab rumah merupakan wadah manusia, dan manusia merupakan isi dari rumah. Jadi jelaslah bahwa sebenarnya isilah yang mencari wadah.Sebagai bukti dari uraian di atas, dapatlah dijelaskan bahwa: kematian manusia berarti (raga) ditinggalkan isi (hidup). Bagai pendapat yang mengatakan “wadah terlebih dahulu diciptakan” maka mengenai kematian itu seharusnya wadah mengatakan supaya isi jangan meniggalkan terlebih dahulu sebelum wadah mendahului meninggalkan. Hal ini jelas tidak mungkin terjadi, apalagi kalau kematian itu terjadi dalam umur muda dimana kesenangan dan kepuasan hidup tersebut belum dialaminya. Demikianlah persoalan wadah ini dengan dunia, karena sebelum dunia ini diciptakan (sebagai wadah) maka yang telah ada adalah (isinya) Tuhan YME. Pendapat lain mengatakan kalau sebelum diadakan jalinan rasa maka keadaan masih kosong (awangawung). Tetapi setelah jalinan rasa dilaksanakan oleh pria dan wanita maka meneteslah benih dan apabila benih tadi mendapatkan wadahnya akan terjadi kelahiran. Sebaliknya kalau wadah tersebut belum ada maka kelahiran pun tidak akan terjadi, yang bearti masih suwung atau kosong. Meskipun begitu, “hidup’ itu tetap telah ada demikian pula “isi’, dan dimanakah letak isi tadi ialah pada ayah dan ibu. Maka selama ayah dan ibu masih ada maka hidup masih dapat membenihkan biji atau bibit.
10. Huruf La + Pa Lapa atau mati atau lampus. Semua keadaan yang hidup selalu dapat bergerak, keadaan hidup tesebut kalau ditinggal oleh hidup maka disebut dengan mati. Sebenarnya pemikiran demikian itu tidak benar, akan tetapi kesalahan tadi telah dibenarkan sehingga menjadi salah kaprah. Sebab yang dikatakan mati tadi sebenarnya bukanlah kematian sebenarnya, akan tetapi hidup hanyalah meninggalkannya saja yaitu untuk mengembalikan semua ke asalnya, hidup kembali kepada yang menciptakan hidup, karena hidup berasal dari suwung sudah tentu kembali ke suwung atau kosong (awangawung) lagi. Akan tetapi sebenarnya dapatlah dikatakan bahwa suwung itu tetap ada sedangkan raga manusia yang berasal pula dari tanah akan kembali ke tanah (kuburan) pula. Wallahua’lam
Filosofi pandawa
Filosofi PANDAWA LIMA
1. Jempol – Yudistira: sebagai kakak tertua yang
menaungi dan sebagai contoh sopan santun
dalam hidup, Yudhistira adalah salah satu
karakter yang nerimo, dalam artian, Yudhistira
adalah orang yang selalu menyatakan,
“silahkan” “monggo” dalam hal ini, masyarakat
Jawa selalu menggunakan jempol untuk
menunjukkan arah, (kesopanan), atau
menyatakan persetujuan (kalo ini kayaknya
universal ya)
2. Jari Telunjuk – Bima: sebagai raksasa, Bima
dikenal sebagai orang yang lurus dan terus
terang, walaupun keras dan apa adanya,
bahkan dia hanya menggunakan Kromo Inggil
hanya kepada gurunya, Dewa Ruci. Bima
dikenal sebagai orang yang keras dan berusaha
mengingatkan dengan galak. Masyarakat kita,
jika memarahi orang atau mengingatkan orang,
akan menggunakan jari telunjuk yang teracung,
simbolisme Bima yang sedang mengingatkan
kesalahan kepada orang lain.
3. Jari Tengah – Arjuna: lelananging jagad yang
dikenal sebagai impian setiap wanita. Dalam
pewayangan Inda, Arjuna tidak digambarkan
sebagai orang yang tampan sekali, bahkan
karena kegemarannya untuk keluar-masuk
hutan, Arjuna digambarkan penuh brewok dan
kasar tampangnya. Arjuna dikenal sebagai
impian setiap wanita, karena dia mampu
“menyenangkan” (hati) para wanita.
4. Jari Manis – Nakula: sebagai kakak kembar
dari Sadewa, Nakula sebenarnya lebih tampan
daripada Arjuna, dan Nakula adalah simbol dari
ketampanan, keindahan, dan keharmonisan.
Oleh karena itu, cincin sebagai asesoris, dan
sebagai lambang ikatan pernikahan, diletakkan
di jari manis, sesuai dengan sifat Nakula yang
tampan, indah dan harmonis
5. Jari kelingking – Sadewa: adik terkecil dan
adik kembar dari Nakula, digambarkan sebagai
wayang yang paling mampu membawa
kestabilan dan kebersihan. Nakula bahkan di
salah satu kisah, adalah satu satunya wayang
yang mampu meruwat (membersihkan) Bethari
Durga untuk kembali ke bentuk awal beliau
(Dewi Uma). Jika dikembalikan ke fungsinya,
hanya kelingking yang mampu membersihkan
kotoran di tempat yang tersembunyi (maap:
lubang hidung, telinga)
Sangu leladi
KONANG kang metu sawuse srengenge
angslup, duwe pangira yen mung dheweke
kang bisa madhangi jagad, nanging sawise
lintang-lintang abyor sumunar, rasa
kumingsune konang banjur ilang. Saiki si
lintang kang duwe panganggep dheweke
kang madhangi jagad. Ora antara suwe
rembulan ngatonake cahyane , lintang-
lintang dadi surem, isin ngungalake awake
maneh. Wusana rembulan kang rumangsa
kuwasa madhangi jagad, nanging suwening-
suwe srengenge mlethek, lan rembulan
katon pucet, embuh nyang ngendi ilange
cahya kang gilang-gemilang mau.
Mangkono uga manungsa, menawa
duwe wewatakan kumingsun marga
kasugihane, lagi bisa mangerti, marang
pralambange kodrat (takdir) ing ndhuwur,
mula sabanjure ora bakal wani ngambali
ngangungake awake, sebab bandha donya
iku ora langgeng.
PITUTUR kang takaturake iki, kenoa
kanggo 'sangu leladi' jroning nglakoni urip
ing satengahe bebrayan (masyarakat).
Leladi ing prakara iki, tegese : nyuguhake
utawa ngatonake patrap kang becik marang
sadhengah-wong. Kanthi patrap kang
andhap-asor, ora ngagungake awake
dhewe sing hebat. Ora mung ing bab
kasugihan lan drajat-pangkat, nanging uga
ing bab kapinteran. Aja umuk rumangsa
sugih dhewe, kanggonan drajat-pangkat
utawa pinter dhewe. Sapinter-pintere
wong isih ana sing ngungkuli kapinterane.
Di atas langit masih ada langit.
Apamaneh sakabehing apa kang
kumelip ing ngalam ndonya iki ora
langgeng. Wong akhire bakal pisah karo
sakabehing apa sing ditresnani. Bandha
kenane lunga ; drajat-pangkat kenane
minggat. Kok kumingsun rumangsa sugih
dhewe ; rumangsa pinter dhewe. Selagine
'nyawane' wae, ora nyawa duwek-duweke
dhewe. Ora urip, saka urip-uripe dhewe.
Urip ana sing nguripake,ana sing paring
daya urip kanggo nglakoni darmaning urip
kumpul karo sapepadhane urip. Hablum
minanas, hablum minallah (becik marang
sapepadhane urip lan
Simbolis Sedulur 4, Pancer 5
Simbolisasi ksatria dan ke empat abdinya, serupa dengan Ilmu
Sadulur Papat Ka Lima Pancer. Di mana Sedulur Papatnya adalah Punakawan
dan yang menjadi ka Lima Pancer adalah Sang Satria. Pancer adalah Poros/
tengah yang dihapit oleh dua saudara tua (Kakang Mbarep dan Kakang Kawah)
dan dua saudara muda (Adi Ari-Ari dan Adi Wuragil). Ilmu Sadulur Papat Ka Lima
Pancer, lahir dari konsep penyadaran akan awal mula manusia (Sangkan
Paraning Dumadi). Diawali dari saat-saat menjelang kelahiran. Sebelum sang
bayi ( dalam konteks ini adalah pancer) lahir dari rahim ibu, yang muncul
pertama kali adalah rasa cemas si ibu. Rasa cemas itu dinamakan kakang
mbarep. Kemudian pada saat menjelang bayi itu lahir, keluarlah cairan bening
atau banyu kawah sebagai pelicin untuk melindungi si bayi agar proses kelahiran
lancar dan kulit bayi yang lembut tidak lecet atau terluka. Banyu kawah itulah
yang lalu disebut Kakang kawah. Setelah bayi lahir akan disusul dengan keluarnya
ari-ari dan darah. Ari-ari disebut Adi ari-ari dan darah disebut Adi wuragil.
Ilmu Sadulur Papat Ka Lima Pancer memberi penekanan bahwa,
manusia dilahirkan ke dunia ini tidak sendirian. Ada empat saudara yang
mendampingi. Pancer adalah sukma sejati dan sedulur papat adalah raga sejati.
Bersatunya sukma sejati dan raga sejati melahirkan sebuah kehidupan wujud.
Hubungan antara pancer dan sedulur papat dalam kehidupan wujud
digambarkan dengan seorang sais mengendalikan sebuah kereta, ditarik oleh
empat ekor kuda, yang berwarna merah, hitam, kuning dan putih. Sais kereta
melambangkan kebebasan untuk memutuskan dan berbuat sesuatu. Kuda merah
melambangkan energi (semangat), kuda hitam melambangkan kebutuhan
rohani, kuda kuning melambangkan kebutuhan biologis, dan kuda putih
melambangkan keheningan (kesucian). Sebagai sais tentunya tidak mudah untuk
mengendalikan empat kuda yang berbeda sifat dan kebutuhannya. Jika sang sais
mampu mengendalikan dan bekerja sama dengan ke empat ekor kudanya
dengan baik dan seimbang, maka kereta akan berjalan lancar sampai ke tujuan
akhir, ke- SANGKAN PARANING DUMADI
Coba cocokkan ajaran ini dengan ajaran yang ada dalam Tassawuf
tentang nafsu. Jika Anda sudah menemukannya dan memahaminya, apakah
Anda masih berkata bahwa budaya kita sama sekali melenceng dari apa yang
telah diperintahkan oleh Sang Maha Pencipta? Suatu ajaran, tuntunan, atau
agama; bukanlah sesuatu yang harus kalian paksakan ke orang lain. Karena Rasa
Sadar akan adanya Sang Pencipta merupakan hal mutlak yang telah ada di diri
tiap-tiap makhluk. Ingat, kita semua adalah SAUDARA. Banyak hal penting yang
harus di kerjakan BERSAMA, namun selama ini tidak terselesaikan hanya karena
ATRIBUT.
AKSARA JAWA
Filosofi Aksara Jawa
l
Diakui atau tidak, aksara Jawa merupakan alfabet paling unik di dunia ini. Ditinjau
dari jumlah, aksara ini terdiri dari 20 jenis huruf yang melambangkan 20 jari
manusia. Jari merupakan alat hitung manusia yang paling sederhana. Hal ini
melambangkan bahwa dalam menjalani kehidupannya, orang Jawa selalu
menggunakan perhitungan yang matang sebelum melangkah.
Deretan kedua puluh aksara Jawa tersebut yaitu:
Ha Na Ca Ra Ka
Da Ta Sa Wa La
Pa Dha Ja Ya Nya
Ma Ga Ba Tha Nga
Entah kebetulan atau disengaja, deretan huruf di atas ternyata bukan deretan
luar biasa, yaitu melambangkan perjalanan hidup manusia.
Ha-na-ca-ra-ka, jika dibaca Hana Caraka akan bermakna ”ada utusan”. Siapa
yang dimaksud dengan utusan tersebut? Tidak lain adalah manusia. Berbeda
dengan pendapat umum bahwa utusan Tuhan hanya terbatas para rasul saja,
bagi orang Jawa setiap manusia adalah utusan Tuhan. Setiap manusia
berkewajiban hamemayu hayuning bawana, atau menjaga kelestarian alam,
memakmurkan bumi, menciptakan kedamaian dan keselamatan di alam dunia.
Da-ta-sa-wa-la, jika dibaca Dat-a-suwala akan bermakna ”Dzat yang tidak boleh
dibantah”. Siapa yang dimaksud? Tidak lain adalah Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan
adalah Dzat yang tidak boleh dibantah oleh manusia yang menjadi utusan-Nya.
Sehebat apa pun manusia di bumi ini tidak ada yang mampu menandingi
kekuasaan Tuhan. Sekali lagi, manusia hanya bersifat sebagai utusan, bukan
penguasa. Oleh karena itu wajib untuk tunduk terhadap aturan yang sudah
ditetapkan oleh Sang Pengutus, yang sering disebut dengan istilah ”kodrat” atau
”hukum karma”.
Pa-dha-ja-ya-nya, jika dibaca Padha Jayane akan bermakna ”sama-sama
unggulnya”. Siapa yang sama unggulnya? Yaitu jasmani dan rohani. Dalam
menjalankan perannya sebagai utusan Tuhan, manusia wajib menjaga
keseimbangan antara urusan jasmani dan rohani. Seorang manusia tidak
dibenarkan berkarya tanpa dilandasi niat ibadah, karena bekerja dengan cara
tersebut hanya melahirkan keserakahan yang membuatnya keluar dari tujuan
hidup yang sebenarnya. Sebaliknya, manusia juga tidak dibenarkan melakukan
sembahyang saja tanpa disertai bekerja. Orang yang melakukan sembahyang
tanpa kerja sesungguhnya termasuk golongan egois. Dia hanya mementingkan
diri sendiri dengan harapan ingin masuk surga tetapi tidak peduli dengan
lingkungan sekitarnya, termasuk keberadaan tubuhnya. Seorang manusia
sempurna (insan kamil) adalah dia yang bisa bekerja dengan dilandasi semangat
ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yang lebih menarik, orang Jawa dalam
beribadah tidak mengharapkan pahala, karena semboyan hidup mereka adalah
narima ing pandum. Menerima pemberian-Nya. Sekali lagi, ”menerima” bukan
”mengharapkan”.
Ma-ga-ba-tha-nga, merupakan singkatan dari Sukma-Raga-Bathang yang
bermakna ”Ruh-Tubuh-Bangkai”. Maksudnya ialah kalimat ini merupakan akhir
dari perjalanan manusia sebagai khalifah Tuhan di bumi. Jika ruh meninggalkan
tubuh, maka yang tersisa hanya tinggal bangkainya saja. Dalam keadaan ini
manusia sudah tidak lagi disebut manusia, karena eksistensinya telah berakhir.
Kalimat terakhir ini mengingatkan manusia agar tidak terlalu membanggakan
dirinya, karena jika Sang Ruh pergi meninggalkan tubuhnya, maka yang tersisa
hanya tinggal bangkai saja. Kalimat ini mengingatkan manusia bahwa tubuh
hanyalah kendaraan bagi Sang Ruh dalam menjalankan perannya sebagai utusan
Tuhan. Tanpa ruh, raga hanyalah bangkai yang tidak berarti.
ASTABRATA
Astabrata adalah suatu kajian gaya kepemimpinan dengan berpedoman pada
sifat-sifat delapan benda alam. Kedelapan benda tersebut adalah matahari,
rembulan, bintang, bumi, angkasa, api, angin, dan air.
Matahari adalah sumber kehidupan di muka bumi. Boleh dikatakan Tuhan telah
menciptakan matahari sebagai sumber energi segenap makhluk hidup. Manusia
dan hewan mendapatkan makanannya tumbuhan, sedangkan tumbuhan bisa
“memasak makanannya” sendiri berkat bantuan sinar matahari. Bahkan,
kendaraan bermotor pun bisa berjalan karena adanya bahan bakar yang berasal
dari minyak bumi. Minyak bumi sendiri berasal dari fosil makhluk hidup zaman
purba yang juga tidak bisa hidup tanpa adanya sinar matahari. Jika seorang
pemimpin meniru watak matahari tentunya ia akan selalu menjadi sumber
kehidupan bagi rakyatnya (atau bawahannya). Ia akan selalu memajukan
kreativitas anggota, bukan malah mematikannya.
Rembulan adalah benda alam kedua yang dapat diteladani oleh para pemimpin.
Rembulan muncul pada malam hari dengan warna yang indah dan
menyenangkan untuk dipandang. Apabila seorang pemimpin meneladani sifat
rembulan maka ia hendaknya mampu memberi rasa nyaman bagi siapa saja yang
memandangnya. Ia selalu bisa memberi kebahagiaan bagi siapa saja anggotanya
yang mengalami kesedihan. Memberi “penerangan” bagi siapa saja anggotanya
yang mengalami “kegelapan”.
Bintang adalah benda alam lainnya yang juga sarat makna. Benda ini menghiasi
langit namun tidak sekadar sebagai hiasan belaka. Bintang merupakan pedoman
arah bagi para pelaut zaman dahulu untuk menentukan arah mata angin.
Seorang pemimpin yang meneladani sifat bintang senantiasa menjadikan dirinya
sebagai teladan yang bisa dipercaya. Ia mampu menjadikan dirinya sebagai
pedoman yang baik sehingga anggotanya bersedia mematuhinya tanpa rasa
keterpaksaan. Gaya kepemimpinan bintang selalu berusaha menunjukkan jalan
yang benar kepada para bawahannya.
Bumi sebagai benda keempat bersifat suci dan kokoh. Seorang pemimpin yang
meneladani sifat bumi senantiasa menjaga dirinya dari sifat-sifat tercela. Ia
selalu menjaga kesucian perbuatannya, memiliki kekuatan yang kokoh, serta
teguh dalam pendirian. Selain itu bumi juga bersifat adil. Barangsiapa menanam
benih jagung akan tumbuh jagung, benih padi tumbuh padi. Hendaknya seorang
pemimpin juga bersifat adil terhadap anggotanya. Adanya hadiah untuk yang
berprestasi dan hukuman untuk yang melanggar juga harus dilaksanakan dengan
baik.
Angkasa adalah benda alam yang bisa dijadikan teladan oleh para pemimpin.
Angkasa (atmosfer) melindungi bumi dari sengatan matahari serta benda-benda
antariksa seperti meteor dan asteroid. Gaya kepemimpinan angkasa adalah
melindungi dan mengayomi anggotanya dengan penuh tanggung jawab. Angkasa
juga menurunkan hujan yang menjadi berkah bagi bumi. Hendaknya seorang
pemimpin mampu memberikan manfaat yang baik kepada rakyatnya atau
anggotanya.
Api yang membakar dan menyala-nyala pun bisa diteladani oleh para pemimpin.
Gaya kepemimpinan api selalu berusaha membakar semangat anggotanya.
Seorang pemimpin yang bersifat api mampu memotivasi anggotanya dengan
baik. Ia juga adil, memberikan kehangatan bagi siapa saja yang mendatanginya
dari segala arah, tanpa membeda-bedakan golongan.
Angin adalah benda alam yang juga bisa diteladani. Angin bergerak dari tekanan
tinggi menuju tekanan rendah dan menempati segala ruang. Hendaknya seorang
pemimpin bisa bergaul dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan golongan,
baik itu yang kaya ataupun yang miskin.
Air adalah benda alam kedelapan yang bisa diteladani sifatnya. Air mengalir dan
melarutkan banyak benda. Seorang pemimpin yang baik mampu memberikan
solusi terhadap setiap permasalahan yang timbul. Air mengalir dari mata air
menjadi sungai, muara dan akhirnya menjadi lautan yang menampung
segalanya. Seorang pemimpin yang baik adalah dia yang bersifat seperti lautan
yang luas. Dia berjiwa besar, tidak hanya mau menerima pujian saja, tapi juga
saran dan kritik yang ditujukan kepadanya.
Popular Posts
-
Simbolisasi ksatria dan ke empat abdinya, serupa dengan Ilmu Sadulur Papat Ka Lima Pancer. Di mana Sedulur Papatnya adalah Punakawan dan y...
-
TAHAPAN – TAHAPAN SAAT SAKRATUL MAUT : 1. Pertama yang datang kepada kita adalah cahaya HITAM dia datang kepada kita menawarkan kerajaan-ny...
-
AL-QUR’AN DALAM DIRI MANUSIA ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻻ ﺍﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭ ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ AL- QUR’AN DALAM DIRI MANUSIA Di dalam Al-Qur’an ada dua a...
-
Triwikrama adalah tiga langkah “Dewa Wisnu” atau Atma Sejati (energi kehidupan) dalam melakukan proses penitisan. Awal mula kehidupan dim...
-
ZIKIR TAJALLI YANG DIBACA DALAM HATI SECARA ‘SIRR’ 1X atau 3X , kapan saja, dan nafas ditarik dengan “ HUU” kemudian ditahan dan lidah dilek...